Investasi Emas vs Investasi Reksa Dana, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi Emas vs Investasi Reksa Dana, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi bisa menjadi pilihan terbaik bagi sebagian orang yang memiliki simpanan uang yang banyak. Dengan banyaknya produk investasi, membuat orang bertanya-tanya mana produk investasi yang menguntungkan. Anda sebagai pemula, pasti tahu emas dan reksadana bisa menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi. Namun mana yang lebih menguntungkan Investasi emas atau investasi reksadana? Maka disini akan kami jelaskan mana investasi yang lebih menguntungkan dari kedua produk tersebut.

Investasi emas dan reksadana bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang baru memulai investasi. Selain karena kedua produk investasi tersebut memiliki resiko yang rendah, emas dan reksadana salah satu investasi yang mudah di cairkan menjadi uang. Maka saat anda membutuhkan uang, emas dan reksadana yang anda miliki bisa langsung dicairkan menjadi uang.  Selain soal resiko dan likuiditas, emas dan reksadana sangat bagus untuk investasi berjangka panjang, jadi sangat cocok untuk pemula yang tidak memiliki waktu luang.

Investasi Emas

Tidak perlu dokmentasi

Untuk membeli emas anda tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Beberapa investasi memerlukan dokumentasi saat anda ingin melakukan investasi, seperti Profil investasi, penyusunan investasi, dan kontrak jual beli.

Aset paling liquid

Uang adalah asset paling liquid karena bisa ditukarkan dengan barang apapun sesegera mungkin. Untuk likuiditas emas hampir sedikit lebih kurang dari uang, hal ini  dikarenakan tidak mudah digunakan untuk pembayaran kecil atau dibawa-bawa. Namun emas dapat ditukarkan kepada siapa saja dimana saja karena nilai emas yang sangat berharga bagi semua orang.

Keahlian dalam investasi emas tidak serumit investasi reksadana

Anda tidak perlu mengetahui pengetahuan yang rumit dalam investasi emas, tidak terdapat isitilah atau pengetahuan yang rumit untuk berinvestasi emas. Karena tidak memiliki banyak variasi produk selain dari jumlah berat dan karat emas itu sendiri.

Investasi jangka panjang terbaik setelah tanah

Sama halnya dengan tanah, harga emas terus naik dari tahun ketahun. Apa bila dibandingkan dengan produk reksadana apa bila anda memperhitungkan pengembalian asset anda, dalam waktu 10 tahun emas akan jauh lebih menguntungkan dari reksadana. Walaupun emas terus naik ada satu titik di waktu yang akan datang, dimana harga emas mengalami inflasi yang sangat besar. Lalu terjadi bubble dan akhirnya harga emas itu jatuh, namun emas akan tetap terus naik dalam beberapa tahun.

Reksa Dana

Dikelola oleh profesional

Dikenal dengan MI atau manager investment, adalah orang yang mengelola aset anda agar terus bertumbuh. Maka tanggung jawab yang anda miliki tidak sebesar saat anda menginvestasikan emas, karena asset yang anda punya di pegang oleh institusi finansial terpercaya dan dikerjakan oleh MI yang profesional.

Keragaman Produk

Reksa dana memiliki keragaman produk, dari yang resikonya rendah hingga yang resikonya tinggi. Namun untuk reksadana dengan resiko yang tinggi memiliki keuntungan yang lebih besar ketimbang reksadana yang beresiko rendah. Selain itu terdapat banyak produk reksadana yang bisa disesuaikan dengan ketertarikan anda terhadap industri-industri tertentu.

Return pertahun lebih besar dari investasi emas

Walaupun investasi emas yang sangat bagus untuk investasi jangka panjang. Reksa dana bisa sangat menguntungkan untuk di investasikan untuk jangka waktu  1 hingga 5 tahun. Maka produk reksadana bisa menjadi pilihan investasi yang tepat apa bila anda berencana berinvestasi maksimal paling lama 5 tahun.

Investasi mulai dari 50 ribu rupiah

Untuk investasi emas anda memerlukan dana yang besar untuk memulainya. Sebaliknya dengan reksadana anda bisa memulai hanya dengan 50 ribu rupiah di beberapa institusi finansial. Selain dari itu anda bisa menggunakan reksadana sebagai tempat menabung uang tiap bulannya dengan minimal 50 ribu rupiah.

Anda juga bisa mengunjungi situs https://www.cekaja.com/investasi/news/142763-kilau-investasi-emas-yang-tak-pudar-ditengah-gempuran-fintech.html untuk informasi lebih lanjut mengenai emas.

 

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *