Ingin Coba Berinvestasi Saham? Simak Panduannya Dibawah Ini!

Ingin Coba Berinvestasi Saham? Simak Panduannya Dibawah Ini!

Berdasarkan data yang dihimpun dari Bursa Efek Indonesia (BEI), hingga akhir tahun 2018 jumlah investor berdasarkan Single Investor Identification (SID) telah mencapai 810 ribu. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan jumlah investor dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 628 ribu. Apalagi di tahun 2019, banyak orang yang mulai mencoba peruntungannya dengan berinvestasi saham. Tak lain alasannya karena tergiur akan keuntungan yang bisa dirasa dalam jangka waktu lama.

Untuk memudahkan Anda sebagai calon investor dalam bertransaksi, pihak Bursa Efek Indonesia telah menyiapkan indeks saham yang terdiri dari 45 saham pilihan. Semua saham tersebut bernama LQ45. Didalam indeks saham itu, berisi saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasa yang tinggi fari keseluruhan jumlah saham di Bursa Efek Indonesia. Sebagai catatan, pemilihan daftar saham di LQ45 dapat Anda lakukan setiap 6 bulan.

Hingga akhir September 2018, setidaknya sudah 50 % jumlah porsi investor lokal dari total keseluruhan investor di BEI. Selama ini, masyarakat menganggap bahwa hanya pebisnis dengan pendapatan diatas Rp 10 juta keatas lah yang mampu bermain saham. Persepsi tersebut pun dirubah oleh Bursa Efek Indonesia dengan program Yuk Nabung Saham. Dengan adanya program itu, diharapkan dapat merubah persepsi masyarakat akan cara investasi saham. Lalu, apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk mulai berinvestasi saham? Berikut penjelasannya:

Cek Kelengkapan Dokumen Pribadi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk mempersiapkan dan mengecek kembali kelengkapan dokumen pribadi yang Anda miliki. Karena setelah semua dokumen tersebut lengkap, Anda akan diminta untuk membuka rekening dana investor (RDI) dan rekening efek. Dokumen yang harus disiapkan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta buku tabungan.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Apabila dokumen pribadi Anda dirasa telah lengkap, selanjutnya Anda bisa mendatangi perusahaan sekuritas yang akan dituju. Pastikan bahwa perusahaan sekuritas yang dipilih telah terdaftar dan diawasi pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan lupa membawa materai 6000 untuk digunakan saat mengisi formulir pendaftaran dan menandatangani beberapa dokumen.

Setoran Dana Awal

Setelah selesai membuat formulir dan mendapatkan rekening dana investor (RDI), Anda akan diminta pihak sekuritas untuk menyetor dana awal sebagai bentuk deposit. Besaran dana biasanya tergantung dari kebijakan perusahaan sekuritas, dimana Anda mendaftarkan rekening tersebut. Perusahaan sekuritas akan memberikan dua rekening, yaitu rekening saham dan rekening dana investor.

Rekening saham digunakan sebagai tempat penyimpanan saham milik Anda, sedangkan rekening dana investor digunakan sebagai rekening untuk penyelesaian transaksi saham. Proses awal yang akan Anda lakukan setelah mendapat 2 rekening tersebut adalah menyimpan dana di rekening dana investor, lalu untuk transaksi dana akan dibukukan ke rekening efek. Setelah semua tahap terselesaikan, Anda bisa melakukan trading atau jual beli saham.

Dengan berinvestasi saham, nyatanya Anda dapat menurunkan tingkat inflasi. Walaupun harus membenamkan dana milik pribadi. Karena bila inflasi itu terjadi, akan berdampak pada penurunan mata uang, yang mana juga akan berdampak pada saham. Anda juga harus memilih saham yang memiliki performa baik dengan potensi kenaikan dalam jangka panjang.

Selain 3 cara investasi saham diatas, Anda juga bisa mencari panduan lainnya dari berbagai laman situs yang ada. Pastikan untuk selalu mencari informasi seputar saham sebanyak-banyaknya, sebelum Anda mulai berinvestasi saham. Jangan sampai merugi, apalagi bila hal tersebut pertama kalinya Anda lakukan. Salah satu situs yang memberikan informasi seputar saham yang bisa Anda baca adalah https://www.cekaja.com/investasi/news/130159-langkah-langkah-cara-berinvestasi-saham.html. Semoga bermanfaat

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *