Dapat Uang THR dari Orangtua dan Tetangga? Begini Cara Bijak Menggunakannya

Dapat Uang THR dari Orangtua dan Tetangga? Begini Cara Bijak Menggunakannya

Momen lebaran, memang identik dengan kegiatan bersilaturahmi sambil berbagi rejeki berbentuk uang THR. Biasanya uang THR akan dibagikan orangtua atau orang yang sudah bekerja kepada anak-anak kecil. Tidak hanya anak kecil, biasanya anak yang sudah remaja atau atau belum bekerja juga bisa mendapatkan THR. Namun, Anda sebagai penerima uang THR juga harus bisa mengelola uang THR tersebut dengan bijak. Selain bisa ditabung, uang THR yang Anda dapatkan juga bisa digunakan untuk investasi emas, karena berinvestasi selagi muda bisa membuat Anda sejahtera di masa yang akan datang.

Namun, Anda juga harus kuat menahan godaan untuk menggunakan uang yang tidak terlalu penting. Meski banyak keperluan yang harus dipenuhi, Anda harus bisa mempriotaskan kebutuhan daripada keinginan, karena Anda bisa saja akan merasakan kekurangan dan penyesalan di kemudian hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah agar Anda bisa menerapkan cara untuk tidak menghambur-hamburkan uang THR yang Anda miliki.

1. Bayar kebutuhan utama

Bagi Anda yang sudah bersekolah atau kuliah, Anda bisa menggunakan sebagian uang tersebut untuk mmebayar biaya sekolah atau kuliah. Misalnya membayar tagihan uang semester, atau untuk membeli buku. Nah sisanya Anda bisa simpan, tabung atau diinvestasikan.

2. Lunasi hutang

Meskipun masih tergolong anak-anak, bisa saja Anda memiliki hutang yang belum dibayarkan kepada orangtua, cicilan semester atau cicilan pembelian mainan Anda bukan? Nah, agar keuangan Anda bisa aman, sebaiknya Anda gunakan uang THR tersebut untuk melunasi hutang-hutang yang ada. Nah, setelah itu, Anda pun tidak memiliki tanggungan lain, yang artinya Anda bisa dengan tenang menyimpan uang Anda dengan baik.

Baca Juga: Tips Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

3. Berpikir sebelum membeli sesuatu

Sebelum Anda membelikan sesuatu dengan uang THR, sebaiknya gunakan untuk hal yang benar-benar penting dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak membelanjakan uang THR hanya karena ego, yang berakhir dengan penyesalan. Anda harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, agar tidak membeli barang yang sia-sia.

4. Buat rencana sebelum berbelanja

Selanjutnya rajin membuat perencanaan belanja, yang berisi sebuah daftar belanjaan. Hal tersebut dilakukan agar, ketika Anda sedang membeli kebutuhan, Anda tidak kalap dan membeli barang yang tidak terdapat pada daftar belanjaan.

5. Kurangi pengeluaran untuk hiburan

Tidak ada salah jika Anda ingin berlibur, apalagi pada momen besar seperti hari lebaran. Namun, saat Anda bersenang-senang jangan sampai uang THR Anda terkuar sia-sia begitu saja. Dalam hal hiburan, Anda juga bisa loh, memilih hiburan yang tidak terlalu mengeluarkan uang banyak. Misalnya, Anda bisa memilih tempat hiburan yang gratis, seperti ke taman publik, atau ke tempat alam-alam yang hanya membayar parkir kendaraan saja.

Tidak hanya itu, jika hiburan Anda adalah makan atau wisata kuliner, Anda juga bisa membeli makanan dengan memanfaatkan diskon, promo, cashback yang saat ini sedang marak.

Itulah beberapa cara bijak agar Anda tidak gelap mata menggunakan uang THR dengan sia-sia. Selain itu, sisa uang THR Anda juga bisa Anda gunakan untuk berinvestasi sejak dini, dan salah satunya adalah investasi emas berupa batangan dan perhiasan. Dari keduanya itu, emas batangan paling banyak diminati karena dinilai lebih menguntungkan.

Penasaran apa yang membuat masih banyak orang berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas? Alasannya bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/investasi/news/142763-kilau-investasi-emas-yang-tak-pudar-ditengah-gempuran-fintech.html

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *